Serupa Tapi Tak Sama :”Tsalatsatul Ushul” & “Al-Ushul Ats-Tsalatsah”

Sesungguhnya Imam Mujaddid Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullah memiliki dua risalah yang hampir sama tapi berbeda.
Yang pertama dinamakan “Tsalatsatul Ushul wa adillatuha”, yang banyak tersebar dan masyhur, yang dimulai dengan ucapan rahimahullah :

اعلم أرشدك الله لطاعته أن الحنيفية ملة إبراهيم هي أن تعبد الله وحده مخلصا له الدين ..

(Ketahuilah semoga Allah memberikan petunjuk kepadamu untuk senantiasa taat,bahwa agama Ibrahim yang hanif adalah beribadah kepada Allah saja dengan mengikhlaskan agama kepada Nya…..)

Nama kitab inilah yang sebenarnya ditulis oleh penulisnya (Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab). Hal ini didukung dengan naskah tulisan tangan yang terjaga, sebagaimana juga dijelaskan dari nukilan para masyaikh dari ahli ilmu dengan peninggalan Syaikh Al-Mujaddid ini yang turun temurun dari para imam dakwah negeri nejed. Ini terdapat dalam kitab-kitab mereka seperti “Ad-Durar As-Saniyah”

Adapun risalah kedua berjudul ” Al-Ushul Ats-Tsalatsah” berisi tujuan risalah pertama yang telah dijelaskan diatas, kecuali bahwa risalah ini sebagai ringkasan dan dikurangi istidlal dalil-dalilnya. Risalah inilah yang tersebar dimana berisi majmuah tauhid (intisari pokok-pokok tauhid). Seolah-olah risalah yang kedua ini ditujukan untuk kalangan awam sedang yang pertama untuk kalangan penuntut ilmu.
Ketahuilah-semoga Allah merahmati anda-bahwa risalah “Tsalatsatul Ushul wa adillatuha” dimulai dengan ucapan penulis sebagaimaan telah dijelaskan “I’lam arsyadakallah li tho’athihi annal hanifiyyah millata ibrahim hiya an ta’budallah wahdah mukhlishon lahuddin…”. Kemudian sebagian murid-murid Syaikh menjadikan pada permulaan dua risalah ini dimulai dengan tulisan sebagaimana mukaddimah pada matannya ,yakni risalah yang pertama dengan :

اعلم رحمك الله أنه يجب علينا تعلم أربع مسائل الأولى: العلم

Ketahuilah-semoga Allah mencurahkan rahmatNya jepada Anda- bahwasannya wajib bagi kita mengetahui empat perkara, yang pertama :Ilmu…dst

Adapun risalah yang kedua (Al-Ushul Ats-Tsalatsah) dimulai dengan tulisan :

اعلم رحمك الله أنه يجب على كل مسلم ومسلمة تعلم هذه المسائل الثلاث والعمل بهن الأولى: أن الله خلقنا ورزقنا ولم يتركنا هملاً

Ketahuilah -semoga Allah merahmatimu- bahwa wajib atas segenap kaum muslimin dan muslimah mengetahui tiga perkara berikut dan mengamalkannya.Yang pertama: Bahwa Allah menciptakan kita, memberi rizki dan tidak menelantarkan kita..

(Hasyiah As-Syaikh Ibnu Qosim rahimahullah)

Reposting artikel http://salafyitb.wordpress.com

About sunnah lover

belajar menjadi pribadi yang shalihah..

Posted on April 25, 2011, in info2 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: