MP3: “Tidak Boleh Melakukan Pertemanan Dengan Lawan Jenis [Bukan Mahrom] di Facebook!”

Pengantar

Ini adalah fatwa dari Asy-Syaikh Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili ~Hafidzahullaahu ta’ala~ (Ulama’ Saudi ‘Arabiyyah) ketika ditanya oleh pendengar radio Rodja pada saat sesi tanya jawab, yang kemudian diterjemahkan oleh al-Ustadz Abu Yahya Badrussalam ~Hafidzahullaahu ta’ala~. 

Berikut transkip terjemahannya

Adapun tentang masalah pertanyaan tentang Facebook, saya sudah mengetahui tentang masalah ini dan bahkan banyak pertanyaan dari berbagai macam negeri yang ditujukan kepada saya tentang masalah ini.

Kata beliau, TIDAK BOLEH seorang wanita untuk masuk kepada sebuah perkumpulan internet KECUALI KHUSUS UNTUK WANITA SAJA, dengan syarat, hendaklah ia berusaha untuk menjaga dirinya, jangan sampai kemudian terseret untuk berkenalan dengan laki-laki.

Demikian pula seorang laki-laki tidak boleh dia ikut-ikutan seperti halnya FACEBOOKyang tercampur antara laki-laki dan perempuan, dia hanya boleh khusus untuk laki-laki saja, itu pun dengan syarat kata beliau, hendaklah dia berusaha untukWASPADA dan muroqobah, jangan sampai ia terseret kepada keburukan.

Terkadang ada orang masuk dengan niat yang baik, akan tetapi syaiton itu pintar, menyeret sedikit demi sedikit. Tadinya ia barangkali berniat untuk dakwah, saling menasihati misalnya, kemudian apa yang terjadi? Sedikit demi sedikit ia berkenalan dengan perempuan, tadinya ia berniat ingin mendakwahi perempuan tadi, memberikan nasihat kepada perempuan tadi, tapi kemudian ingat, bahwasanya setan itu mengalir di darah manusia, sebagaimana darah yang mengalir pada diri manusia.

Ingatlah, kata beliau, setan itu pintar menyeret manusia sedikit demi sedikit. Betul memang, Islam memerintahkan kita untuk saling berwasiat dalam kebenaran, tapi Islam juga mencegah agar kita jangan masuk ke dalam jurang kenistaan.

Maka hendaklah seorang hamba waspada, berhati-hati, janganlah ia merasa imannya sudah kuat, dan yakin bahwa dirinya akan terpelihara dari keburukan, jangan ia merasa seperti itu, karena syaiton mengalir dalam diri kita sebagaimana darah mengalir dalam diri kita.

Sumber: http://abangdani.wordpress.com/2010/11/18/tidak-boleh-melakukan-pertemanan-dengan-lawan-jenis-bukan-mahrom-di-facebook/

Silahkan dengarkan atau download mp3-nya pada link berikut. Semoga bermanfaat.

Syaikh Dr Sulaiman Ar-Ruhaili – Hukum Facebook.mp3


About sunnah lover

belajar menjadi pribadi yang shalihah..

Posted on October 5, 2010, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. ummu abdirrahman

    jazakillah khair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: